Tanya Jawab - Bedah Estetik Tubuh

Abdominoplasty (Tummy Tuck)

Sebuah operasi pengencangan perut, juga dikenal sebagai abdominoplasty, menghilangkan kelebihan lemak, kulit, dan dalam kebanyakan kasus, memperbaiki kembali otot-otot perut yang lemah – menciptakan profil perut yang lebih halus dan kencang.

Prosedur ini juga bertujuan untuk menyingkirkan striae (stretch mark), untuk mereposisi pusar dan mengencangkan otot perut dalam rangka mencapai perut yang lebih rata dan kencang.

Tummy tuck dapat dilakukan pada wanita maupun pria. Umumnya, kandidat yang tepat untuk melakukan tindakan ini adalah orang yang mempunyai berat badan yang stabil, mempunyai tujuan dan keinginan yang jelas dari operasi ini, dan ingin membuat perutnya menjadi lebih rata. Tummy tuck dilakukan pada wanita yang tidak merencanakan kehamilan pada wanita yang hendak menurunkan atau menaikkan berat badannya.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik , diskusikan sejarah medis sebelum melakukan operasi, lakukan pemeriksaan cek lab, minimal 2 minggu sebelum operasi, pasien wajib berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Berhenti mengonsumsi suplemen yang mengandung ginko biloba, vitamin E, dan obat-obatan yang bersifat pengencer darah. puasa sebelum operasi minimal 8 jam sebelumnya.

Operasi ini menggunakan pembiusan sedasi. Dan pengerjaanya sekitar kurang lebih 3-4 jam.

Metode operasinya adalah membuat sayatan di garis lipatan perut paling bawah. Setelah disayat, lemak di daerah itu dibuang bersama pula kulit yang berlebih, biasanya mulai dari garis lipatan perut paling bawah sampai sedikit diatas pusar. Setelah itu, kulit diatasnya akan ditarik ke bawah (diturunkan), dan ditempatkan di daerah kulit lama yang sudah dibuang. otot yang sudah kendur (menjauh) tidak dipotong, tapi didekatkan lagi oleh jahitan penyangga, atau dikembalikan lagi ke tengah sehingga menjadi penahan baru. dengan dikembalikannya otot ke tempat semula, perut akan kembali seperti ketika remaja atau ketika belum hamil, lekuk perut akan kembali bagus. kemudian dibuat pusar baru dengan melalui sayatan di sekitar perut di lokasi yang lebih sama sebelumnya. sehingga pusar yang tadinya sudah “hilang” kembali diremajakan. dan karena sebagian kulit perut dibuang, strial (stretchmark/guratan guratan putih yang biasa muncul pada perut wanita yang pernah hamil) akan hilang. jika diperlukan dapat pula dilakukan liposuction di daerah pinggang untuk mendapat bentuk tubuh yang lebih indah.

Setelah menjalani operasi Tummy Tuck pasien dirawat inap selama 1 hari. Setelah selesai rawat inap harap melakukan kontrol kembali di Ultimo untuk dilakukan perawatan pot-op. jahitan luka operasi akan dibuka dalam waktu 7-10 hari pasca-operasi. Hasil maksimal akan terlihat setelah 3 bulan.

Meski tummy tuck termasuk operasi besar, namun nyaris tidak ada risiko khusus jika dikerjakan sesuai dengan prosedur yang benar. Efek samping yang biasanya muncul setelah menjalani tindakan ini adalah rasa nyeri yang bersifat sementara atau bisa juga terjadi pembengkakan, kulit perut terasa tebal dan kebiruan, dan tubuh terasa lelah dan napas yang tidak lega. Tapi, semya keluhan ini akan hilang dalam beberapa minggu atau bulan.
Seperti operasi lain, bekas operasi kadang menyisakan keloid. Begitu pun pada tindakan tummy tuck. Risiko keloid tetap ada, terutama pada klien yang mempunyai bakat keloid.
Setelah operasi, bagi mereka yangmemiliki bakat keloid akan dipantau sampai parut pada bekas operasi matang dan bebas dari pertumbuhan keloid. Risiko berikut yang mungkin muncul adalah jika terjadi gangguan penyembuhan luka dan infeksi. Infeksi bisa berakibat penyembuhan menjadi tidak bagus. Untuk menghindari risiko tersebut, diperlukan screening pra-operasi yang benar, agar risiko tersebut bisa dihindari.

Liposuction

Liposuction atau sedot lemak adalah metode body contouring atau tindakan pembentukan tubuh dengan mengurangi lemak pada bagian tubuh tertentu, seperti daerah perut, pantat, paha luar maupun dalam, lengan, pinggul, pipi dan leher. Penumpukan lemak pada tubuh bisa disebabkan oleh banyak faktor. penumpukan lemakyang disebabkan oleh faktor keturunan sering kali dulit dihilangkan dengan cara diet maupun olahraga. dan liposuction sering kali diyakini sebagai satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

Liposuction dapat dilakukan pada wanita maupun pria yang memiliki tumpukan lemak berlebihan, khususnya pada daerah perut, lengan, paha dan leher serta betis.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik , diskusikan sejarah medis sebelum melakukan operasi, lakukan pemeriksaan cek lab, minimal 2 minggu sebelum operasi, pasien wajib berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Berhenti mengonsumsi suplemen yang mengandung ginko biloba, vitamin E, dan obat-obatan yang bersifat pengencer darah. puasa sebelum operasi minimal 8 jam sebelumnya.

Operasi ini menggunakan pembiusan sedasi. Dan pengerjaanya sekitar kurang lebih 1 jam per area.

Setelah menjalani operasi liposuction, pasien dapat langsung pulang, dan melakukan kontrol setelah 1 hari operasi (tergantung kondisi pasien), hasil maksimal terlihat setelah 3 bulan.

Setelah menjalani tindakan ini, biasanya klien akan mengalami memar atau merasa nyeri dalam jangka pendek. Namun, itu akan segera hilang dalam waktu beberapa minggu setelah dilakukan perawatan post-op di ultimo clinic. Klien juga dapat mengalami bengkak yang dapat berkurang secara bertahap dalam waktu 1 bulan dan mengalami bekas luka yangbervariasi, bergantung pada individu dan prosedurnya. bekas luka ini pun dapat hilang dalam waktu beberapa minggu.

Breast Implant

Pembesaran dengan implan payudara biasanya menggunakan prosedur bedah yang sudah lazim dilakukan dan dapat memberikan payudara yang anda inginkan sehingga membantu mengembalikan kepercayaan diri anda. Hal ini umumnya merupakan prosedur yang sederhana dengan hasil kepuasan yang tinggi.

Pembesaran payudara dengan implan adalah prosedur pilihan untuk wanita dengan payudara bawaan yang kecil atau bagi mereka yang kehilangan bentuk, ukuran dan volume karena hamil dan menyusui.

Secara umum, breast augmentation dengan implant dianjurkan untuk wanita normal yang ukuran payudaranya kecil, atau wanita yang massa payudaranya kurang.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik , diskusikan sejarah medis sebelum melakukan operasi, lakukan pemeriksaan cek lab dan pemeriksaan usg mammae jika usia lebih dari 35 tahun juga disarankan untuk pemeriksaan mammography, minimal 2 minggu sebelum operasi, pasien wajib berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Berhenti mengonsumsi suplemen yang mengandung ginko biloba, vitamin E, dan obat-obatan yang bersifat pengencer darah. puasa sebelum operasi minimal 8 jam sebelumnya.

Operasi ini menggunakan pembiusan sedasi. Dan pengerjaanya sekitar kurang lebih 1 jam.

Setelah menjalani operasi breast implant, pasien dapat langsung pulang, dan melakukan kontrol setelah 1 hari operasi (tergantung kondisi pasien), hasil maksimal terlihat setelah 3 bulan.

Selama ini, ada banyak kecemasan seputar pemasangan implant, seperti akut kehilangan kepekaan pada putting, takut tak bisa menyusui atau terkena risiko kanker payudara. Bila operasi dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastic, penempatan implant tidak akan mengganggu produksi dan pemberian ASI. Hilangnya kepekaan putting, meski cukup banyak terjadi, biasanya hanya bersifat sementara dan akan normal kembali. Berdasarkan penelitian, pemasangan implant pada payudara juga tak membuat pemiliknya jadi lebih rentan terhadap kanker payudara. Sebelum dilakukan operasi, calon klien harus menjalani pemeriksaan untuk memastikan bahwa payudaranya bebas dari bibit keganasan kanker. Dari sebuah penelitian yang intensif, tidak ditemukan adanua hubungan antara pemasangan implant dan timbulnya kanker pada diri seseorang.
Efek samping yang biasa terjadi adalah rasa nyeri yang bersifat sementara, bengkak, dan perubahan sensasi pada putting. Payudara juga akan lebih sensitive selama beberapa minggu. Risiko pendarahan dan infeksi ini biasanya sangat kecil. Komplikasi lain yang mungkin terjadi adalah pembentikan jaringan parut di sekitar implant (capsular contracture), yang mungkin mengakibatkan payudara terasa kaku dan keras. Risiko lain seprti kebocoran implant juga ditemukan meskipun itu sangat kecil. Oleh karena itu, sebelum menjalani pembedahan ini, klien harus sadar kemungkinan operasi ulang pada masa yang akan mendatang. Sebab, kemungkinan implant bukan merupakan tahan sepanjang masa dan dapat terjadi hangguan distorsi dan gangguan kontraktur kapsular.

Breast Lift

Sering kali payudara wanita berubah dari waktu ke waktu, kehilangan elastisitas dan Kekencangannya. Kehamilan, menyusui, kehilangan berat badan, penuaan dan gravitasi dapat menjadi penyebab payudara kendur/melorot. Wanita yang tidak puas dengan bentuk, volume atau Kekencangan payudara mereka dapat mempertimbangkan untuk menjalani operasi pengencangan payudara, yang juga disebut mastopexy. Mastopexy meningkatkan dan mengencangkan payudara dengan membuang kelebihan kulit dan mengencangkan jaringan sekitarnya untuk membentuk kembali dan menyokong payudara.

Breast lift sering dikombinasikan dengan operasi pembesaran payudara untuk meningkatkan Kekencangan dan ukuran payudara. Dan hasil dari breast lift akan segera terlihat. Garis sayatan bekas operasi akan permanen, tetapi akan terus memudar dari waktu ke waktu. Procedure ini biasanya dikerjakan dibawah anestesi umum dan biasanya memakan waktu 1 ½ sampai 2 jam.

operasi ini dinjurkan untuk wanita yang memiliki bentuk payudara menggelambir, putting berada lebih rendah dari posisi ideal atau menengok ke bawah, dan bahkan melebihi lipatan bawah payudara dalam posisi tegak, namun besar volume payudara masih cukup memuaskan. jika mengalami pengurangan volume dapat dilakukan sekaligus tindakan breast lift dengan pemakaian implan payudara.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik , diskusikan sejarah medis sebelum melakukan operasi, lakukan pemeriksaan cek lab dan pemeriksaan usg mammae jika usia lebih dari 35 tahun juga disarankan untuk pemeriksaan mammography, minimal 2 minggu sebelum operasi, pasien wajib berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Berhenti mengonsumsi suplemen yang mengandung ginko biloba, vitamin E, dan obat-obatan yang bersifat pengencer darah. puasa sebelum operasi minimal 8 jam sebelumnya.

Operasi ini menggunakan pembiusan sedasi. Dan pengerjaanya sekitar kurang lebih 2-3 jam.

Setelah menjalani operasi Breast Lift pasien dirawat inap selama 1 hari. Setelah selesai rawat inap harap melakukan kontrol kembali di Ultimo untuk dilakukan perawatan pot-op. jahitan luka operasi akan dibuka dalam waktu 7-10 hari pasca-operasi. Hasil maksimal akan terlihat setelah 3 bulan.

Ada beberapa konsekuensi dari tindakan breast lift ini. Memar dan bengkak yang biasanya terjadi setelah operasi ini, dan akan hilang dalam 3-4 minggu. puting akan mengalami kekurangan sensitivitas atau posisinya kurang simetris dan akan kehilangan rasa raba.

Breast Reduction

Pengecilan payudara, atau Reduction mammoplasty, adalah pilihan yang aman dan efektif untuk wanita dengan payudara besar/berat. Wanita dengan payudara besar mungkin tidak hanya tidak puas dengan penampilan luar mereka, tetapi juga mengalami sakit fisik dan ketidaknyamanan, termasuk punggung atau nyeri bahu selain itu juga gampang mengalami iritasi kulit di sekitar lekukan tali bra dan memiliki keterbatasan untuk latihan fisik. Breast Reduction ini bertujuan mengurangi kelebihan jaringan dan kulit untuk mendapatkan ukuran payudara yang proporsional dengan tubuh Anda, serta mengurangi ketidaknyamanan yang berkaitan dengan payudara yang terlalu besar.

Operasi ini dianjurkan untuk wanita berpayudara besar yang menginginkan payudara yang lebih proporsional dapat sebelah atau keduanya; berusia remaja dewasa, atau setengah baya.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik , diskusikan sejarah medis sebelum melakukan operasi, lakukan pemeriksaan cek lab dan pemeriksaan usg mammae jika usia lebih dari 35 tahun juga disarankan untuk pemeriksaan mammography, minimal 2 minggu sebelum operasi, pasien wajib berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Berhenti mengonsumsi suplemen yang mengandung ginko biloba, vitamin E, dan obat-obatan yang bersifat pengencer darah. puasa sebelum operasi minimal 8 jam sebelumnya.

Operasi ini menggunakan pembiusan sedasi. Dan pengerjaanya sekitar kurang lebih 2-3 jam.

Setelah menjalani operasi Breast Reduction pasien dirawat inap selama 1 hari. Setelah selesai rawat inap harap melakukan kontrol kembali di Ultimo untuk dilakukan perawatan pot-op. jahitan luka operasi akan dibuka dalam waktu 7-10 hari pasca-operasi. Hasil maksimal akan terlihat setelah 3 bulan.

Ada beberapa konsekuensi dari tindakan breast reduction ini. Memar dan bengkak yang biasanya terjadi setelah operasi ini, dan akan hilang dalam 3-4 minggu. Klien harus siap jika terjadi gangguan fungsi payudara ketika menyusui. Sebab, dalam beberap akasus, setelah menjalani operasi ini, kemampuan untuk menyusui ternyata terpengaruh. puting akan mengalami kekurangan sensitivitas atau posisinya kurang simetris dan akan kehilangan rasa raba.

Fat Transfer area payudara

Banyak wanita terasa bahwa ukuran payudara mereka kecil dan bentuk yang kurang indah ini dapat mempengaruhi kepercayaan mereka. Faktor – factor seperti berat badan, menyusui, penuaan dan turunan dapat menyebabkan payudara mengendur atau kehilangan bentuk yang seharusnya. Perempuan lain merasa kurang percaya diri karena secara alami memiliki payudara kecil. Sekarang hal itu dapt diatasi dengan memperbaiki bentuk dan ukuran payudara tanpa perlu implant silicon. Keuntungan Pembesaran Payudara dengan Transfer Lemak adalah :

  • Sangat aman karena menggunakan lemak sendiri dan terlihat alami.
  • Tidak memakai silicon implant
  • Tidak ada benda asing
  • Tidak ada anastesia umum
  • Waktu pengerjaan relative sebentar
  • Hasil permanen tidak seperti implan yang mungkin harus diganti. Hasil terlihat indah dan alami.

Secara umum, breast augmentation dengan transfer lemak dianjurkan untuk wanita normal yang ukuran payudaranya kecil, atau wanita yang massa payudaranya kurang.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik , diskusikan sejarah medis sebelum melakukan operasi, lakukan pemeriksaan cek lab dan pemeriksaan usg mammae jika usia lebih dari 35 tahun juga disarankan untuk pemeriksaan mammography, minimal 2 minggu sebelum operasi, pasien wajib berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Berhenti mengonsumsi suplemen yang mengandung ginko biloba, vitamin E, dan obat-obatan yang bersifat pengencer darah. puasa sebelum operasi minimal 8 jam sebelumnya.

Operasi ini menggunakan pembiusan sedasi. Dan pengerjaanya sekitar kurang lebih 2-3 jam.

Setelah menjalani operasi fat transfer payudara, pasien dapat langsung pulang, dan melakukan kontrol setelah 1 hari operasi (tergantung kondisi pasien), hasil maksimal terlihat setelah 3 bulan.

Brazilian Butt Lift / Fat Transfer area bokong

Memiliki bokong terbentuk indah dapat membuat perbedaan bermakna pada bentuk tubuh anda. Bokong yang bulat dan tinggi dapat membuat pinggang dan paha terlihat panjang lebih kecil dan membuat tubuh terlihat proposional. Masalah bagi kebayakan orang adalah bahwa bokong merupakan bagian yang sulit untuk dibentuk melalui olahraga saja, terutama jika anda secara alami memiliki bokong yang komponen terbesarnya lemak.

Jika anda menginginkan bokong yang lebih terbentuk tetapi tidak ingin mengambil resiko operasi yang menyakitkan, maka transfer lemak menjadi pilihan. Tindakan ini dapat membantu anda mendapatkan tubuh yang anda inginkan tanpa operasi besar atau implant. Transfer lemak adalah prosedur minimal invasif yang membentuk bagian bawah punggung dan paha atas, untuk membuat penampilan bokong lebih rupawan dan lebih tinggi. Lemak ini kemudian ditransfer ke bagian bokong agar dapat terlihat bulat.

Secara umum, fat transfer area bokong dengan transfer lemak dianjurkan untuk wanita normal yang ukuran bokong kecil atau tepos. Transfer lemak adalah prosedur minimal invasif yang dilakukan dibawah anastesi sedasi atas, ini dalah prosedur tanpa harus menginap sehingga tidak perlu tinggal dirumah sakit, hasilnya terlihat lebih alami, lebih sedikit rasa sakit dan risiko minimal dari jaringan perut, tidak memakan waktu yang panjang dari pekerjaan atau mengganggu kegiatan.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik , diskusikan sejarah medis sebelum melakukan operasi, lakukan pemeriksaan cek lab, minimal 2 minggu sebelum operasi, pasien wajib berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol. Berhenti mengonsumsi suplemen yang mengandung ginko biloba, vitamin E, dan obat-obatan yang bersifat pengencer darah. puasa sebelum operasi minimal 8 jam sebelumnya.

Operasi ini menggunakan pembiusan sedasi. Dan pengerjaanya sekitar kurang lebih 2-3 jam.

Setelah menjalani operasi Fat transfer area bokong, pasien dapat langsung pulang, dan melakukan kontrol setelah 1 hari operasi (tergantung kondisi pasien), hasil maksimal terlihat setelah 3 bulan.

Setelah menjalani tindakan ini, biasanya klien akan mengalami memar atau merasa nyeri dalam jangka pendek. Namun, itu akan segera hilang dalam waktu beberapa minggu setelah dilakukan perawatan post-op di ultimo clinic. Klien juga dapat mengalami bengkak yang dapat berkurang secara bertahap dalam waktu 1 bulan dan mengalami bekas luka yangbervariasi, bergantung pada individu dan prosedurnya. bekas luka ini pun dapat hilang dalam waktu beberapa minggu. kurang lebih selama 1 bulan pasien dibantu untuk bantal penyangga untuk ketika posisi duduk.