Breast Reduction: Prosedur Mengecilkan Payudara

Breast Reduction: Prosedur Mengecilkan Payudara

Breast Reduction adalah sebuah prosedur operasi payudara untuk mengurangi ukuran payudara dengan mengangkat lemak dan jaringan kelenjar pada payudara ra agar bentuk payudara terlihat lebih proporsional dan indah dilihat.

Sebagian wanita ada yang memiliki payudara dengan ukuran yang terlalu besar. Hal itu kadang dapat mengganggu aktivitas fisik mereka. Bisa juga timbul rasa nyeri di tempat tekanan tali kutang, leher belakang, dan tulang punggung, muncul iritasi dan peradangan kulit lipat dibawah payudara; serta adanya beban psikologis karena orang lain sering memusatkan pandangan hanya pada payudaranya. Hal ini tentunya tidak menyenangkan.

Jika seseorang mengalami kondisi seperti itu, berarti perlu mempertimbangkan untuk melakukan operasi breast reduction, yaitu pengurangan volume payudara melalui pembuangan kelebihan jaringan kelenjar dan kulit payudara. Selain untuk tujuan estetik, tindakan ini untuk memperkecil ukuran payudara agar tampak lebih proporsional dan indah, dan juga ntuk menghilangkan gangguan pada tulang punggung akibat payudara yang terlalu besar.

Prosedur

Dalam pelaksanaan prosedurnya, dokter akan membuang sebagian lemak, jaringan kelenjar, dan kulit payudara agar terlihat proporsional. Dapat juga dilakukan tindakan mengecilkan ukuran areola (kulit gelap di sekitar puting).

Bentuk areola biasanya juga ikut membesar pada payudara yang besar. Puting yang semula sudah menggantung dibuat lebih tegak dan diatur posisinya, dan jika perlu ukuran areola diperkecil. Operasi ini bisa mempengaruhi fungsi menyusui, karena menghilangkan sebagian jaringan payudara.

Breast Reduction sebaiknya dilakukan setelah masa pertumbuhan terlewati, agar payudara tidak tumbuh lagi setelah dioperasi. Prasyarat kandidat Operasi ini dianjurkan untuk wanita berpayudara besar yang menginginkan payudara yang lebih proporsional. Walaupun demikian, operasi Breast Reduction dapat dilakukan oleh wanita berusia remaja, dewasa, atau setengah baya. Tindakan operasi ini memerlukan waktu 4 jam

Efek Samping

Efek samping dan Komplikasi yang mungkin Terjadi Ada beberapa konsekuensi dari tindakan breast reduction ini. Memar dan bengkak yang biasanya terjadi setelah operasi ini dan akan hilang dalam 3-4 minggu.

Sumber : dr. Enrina Diah, SpBP-RE (KKF)

Baca Juga: Augmentasi Payudara: Teknik Memperbesar Payudara

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *