Damon Braces - Teknologi Kawat Gigi yang Cepat dan Tidak Sakit

Damon Braces - Teknologi Kawat Gigi yang Cepat dan Tidak Sakit

Dental treatment yang banyak dilakukan adalah kawat gigi (orthodontic) yang sudah marak dalam beberapa tahun ke belakang. Orthodontic treatment tidak hanya berfungsi untuk merapikan posisi gigi, memperbaiki fungsi pengunyahan, tetapi kini digunakan untuk mempercantik dan memperbaiki profil wajah.

Beragam jenis kawat gigi diperuntukkan bagi Anda. Umumnya kawat gigi terbagi menjadi dua jenis, yakni kawat gigi lepasan yang biasa digunakan untuk anak-anak dalam periode gigi susu dan kawat gigi cekat (braces/behel) yang biasa digunakan untuk remaja dan dewasa.
Perawatan gigi behel terbagi kembali dalam beberapa jenis, seperti metal braces yang paling konvensional dan banyak digunakan, serta damon braces yang merupakan teknologi terbaru dalam merapikan gigi.

Metal Braces vs Damon Braces

Lalu apa yang membedakan metal braces dengan damon braces? Di antara keduanya, perawatan manakah yang terbaik?
Metal braces atau kawat gigi logam merupakan perawatan gigi yang menggunakan karet untuk mengikat antara bracket dengan kawat. Untuk menggunakannya, Anda bisa memilih warna yang diinginkan. Sementara damon braces merupakan teknologi kawat gigi terbaru dengan sistem self ligating yang tidak membutuhkan karet untuk mengikat karena bracket memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan. Oleh karena itu kawat gigi ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Keunggulan

Dilihat dari teknologi dan prosesnya, damon braces memang lebih unggul dibandingkan dengan metal braces. Beberapa keunggulan kawat gigi ini diantaranya:
1. Tidak perlu mencabut gigi sebelumnya. Berbeda dengan proses metal braces yang membutuhkan ruangan untuk menggerakkan gigi sehingga harus mencabut beberapa gigi pasien yang masih sehat.
2. Proses yang tidak menyakitkan karena tidak membutuhkan karet yang memberikan tekanan pada gigi.
3. Kunjungan dokter yang lebih sedikit. Jika perawatan konvensional membutuhkan pengecekan 3-4 minggu sekali, perawatan damon braces hanya memerlukan perawatan 8-10 minggu sekali.
4. Sebuah studi mengungkapkan jika perawatan pada pasien dengan damon braces, jauh lebih cepat 7,2 bulan dibandingkan dengan perawatan konvensional.
5. Karena tidak banyak menggunakan kawat, pasien akan lebih mudah dalam membersihkan gigi. Secara tidak langsung, kebersihan mulut lebih terjaga.

Baca juga: Ultherapy: Cara Instan Untuk Tampil Cantik

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *