Tipe Perut Wanita -  Yang Makanah Tipe Perut Anda?

Tipe Perut Wanita - Yang Makanah Tipe Perut Anda?

Ilustrasi Perut Rata
Tipe perut wanita ternyata memiliki bentuk yang berbeda-beda. Perbedaan itu biasanya disebabkan oleh timbunan lemak, hamil, dan sebagainya. Ingin tahu tipe perut Anda?

Seperti dikatakan dr Enrina Diah SpBP, lemak merupakan faktor utama penyebab perut terlihat bergelombang dan tidak rata. Namun, penumpukan lemak tersebut tidak sama, sehingga bentuk perut wanita pun berbeda-beda.

Berikut ini enam tipe perut wanita dan cara memperbaikinya:

– Tipe I Bentuk perut wanita dikatakan masuk tipe I bila kulit perut dan otot-ototnya masih belum kendur, tetap elastis, namun ada sedikit kelebihan lemak yang menonjol di daerah bawah pusar.
Kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang belum menikah, tapi tidak menjaga asupan makannya. Atau, sudah menikah dan melahirkan satu kali, kata Enrina.

Cara memperbaiki: Karena masalahnya hanya berupa adanya sedikit kelebihan lemak di bawah pusar, bentuk perut tipe ini cukup diperbaiki dengan sedot lemak saja di bagian bawah pusar.

– Tipe II Bentuk perut dikatakan masuk tipe II bila kulit perut bagian bawah sedikit berlebih. Demikian pula dengan lemak di bawah pusar. Kondisi perut bisa seperti itu karena seseorang tidak melakukan diet dan tidak pernah berolahraga, serta faktor kehamilan dan melahirkan.

Cara memperbaiki: Untuk memerbaiki bentuk perut tipe II, diperlukan penyedotan lemak disertai pembuangan kulit di bagian bawah pusar melalui penyayatan sekitar delapan sentimeter.

– Tipe III Bentuk perut dikatakan masuk tipe III bila kulit perut bagian bawah sedikit berlebih. Demikian pula lemak di bawah pusar dan ada kekenduran otot di daerah perut, tepatnya di bawah pusar.

Cara memperbaiki: Perbaikan bentuk perut tipe III, kata Enrina, pada dasarnya sama dengan tipe II.

Hanya saja, pada tipe III juga diperlukan pengencangan otot yang menjauh di sepanjang tulang kemaluan sampai pusar. Penyayatan diperlukan sekitar 10 sentimeter, jelas Enrina.

– Tipe IV Bentuk perut dikatakan masuk tipe IV bila kelebihan kulit perut dan lemaknya bervariasi disertai kekenduran otot perut bagian atas sampai bawah pusar.
Selain karena kelebihan lemak, bentuk perut tipe IV ini juga disebabkan oleh faktor usia, terang Enrina.

Cara memperbaiki: Untuk memperbaiki bentuk perut tipe IV diperlukan pembuangan kulit yang berlebihan saat sedot lemak dan pengencangan otot dari atas sampai bawah pusar. Penyayatannya sekitar 12 sentimeter.

– Tipe V Bentuk perut dikatakan masuk tipe V bila kelebihan kulit dalam jumlah berlebihan, kelebihan lemak juga bervariasi, sedang otot-otot perut bagian tengah menjauh satu sama lain (diastasis) dan terdapat kelemahan pada sistem otot. “Kelebihan lemak, sering melahirkan atau karena faktor usia dapat menjadi penyebab perut pada tipe ini,” ujar Enrina.

Cara memperbaiki: Bentuk perut tipe V bisa diperbaiki dengan abdominal lipectomy comventional dan plikasi atau pengikatan otot dengan penyayatan sekitar 20 sentimeter.

– Tipe VI Bentuk perut dikatakan masuk tipe VI bila kelebihan kulit sangat berlebihan, terutama di bagian atas pusar.
“Seperti halnya tipe V, bentuk perut tipe VI juga disebabkan karena pertambahan usia, sering melahirkan, dan menyusui,” kata Enrina.

Cara memperbaiki: Karena bentuk tipe VI termasuk parah, diperlukan operasi jenis lain, seperti abdominal lipectomy comventional, ditambah pengencangan payudara, reduksi atau bahkan augmentasi.

Source : www.nyata.co.id

Baca juga: Tummy Tuck: Pengertian, Manfaat, dan Resikonya

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =