Selulit dan Stretch Mark - Inilah Bedanya!

Selulit dan Stretch Mark - Inilah Bedanya!

Selulit dan Stretch Mark adalah sebuah kondisi dimana permukaan kulit mengalami perubahan. Selulit dan Stretch Mark sering dijumpai pada wanita terutama bagi wanita yang sedang hamil. Kedua kondisi ini seringkali membuat wanita menjadi tidak percaya diri karena mengganggu penampilan mereka. Namun apakah sebenarnya Selut dan Stretch Mark itu? Pada kesempatan kali ini Ultimo akan membahas tentang Selulit dan Stretch Mark.

Apakah Selulit dan Stretch Mark?

Selulit didefinisikan sebagai perubahan permukaan kulit yang ditandai dengan adanya cekungan maupun peninggian kulit yang terlihat seperti kulit jeruk. Sebanyak 80-90% wanita pasca-pubertas menunjukan adanya indikasi selulit. Selulit dapat terjadi pada semua ras, namun wanita ras kaukasia memiliki prevalensi lebih tinggi dibandingkan dengan ras Asia. Sedangkan pria jarang mengalami kondisi ini.

Selulit sering ditemukan di paha dan bokong, selain itu dapat pula ditemukan di payudara, perut bagian bawah, lengan atas, tengkuk dan semua area yang terdapat tumpukan jaringan lemak pada wanita.

Stretch marks ditandai sebagai guratan kulit dengan panjang beberapa sentimeter. Stretch marks disebabkan oleh peregangan kulit yang terlalu cepat.

Stretch marks ditemukan di perut, pinggul, payudara, paha, dan dada.

Apa saja penyebab dan faktor risiko dari selulit dan stretch marks?

Biasanya selulit dapat terjadi secara genetik, peningkatan berat badan, dan pada wanita paruh baya. Hal ini disebabkan elastisitas kulit semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Beberapa penyebab dan faktor risiko stretch marks adalah kehamilan, kenaikan berat badan, dan pengolesan salep antiradang (kortikosteroid).

Pengobatan Selulit dan Sretch Mark

Terapi oles (topikal)

Kegunaan krim anti selulit atau stretch marks dalam hingga kini masih menjadi perdebatan. Namun demikian, produk oles untuk mengatasi selulit/stretch marks makin banyak jumlahnya, meski hanya sedikit bukti yang ditemukan di lapangan. Contoh beberapa krim yang beredar adalah yang mempunyai kandungan metilxantin, retinoid, dan beberapa senyawa herbal.

Terapi non topikal

Beberapa terapi non topikal dapat dilakukan untuk mengurangi tampilan dari selulit dan stretch marks. Subsisi digunakan untuk mengkoreksi struktur jaringan lemak subkutis pada area selulit dengan memisahkan septa jaringan lemak. Prosedur sedot lemak standar dapat mengurangi deposit lemak pada lapisan subkutis yang dalam, namun efek kosmetik pada permukaan kulit sering tidak memuaskan.

Mesoterapi merupakan injeksi obat atau senyawa tertentu secara intrakutan atau subkutis dalam terapi selulit. Obat yang dimasukkan harus bersifat larut dalam air, isotonik, dan tidak menyebabkan reaksi alergi. Terapi sinar dan lasertelah banyak digunakan dalam penatalaksanaan selulit dan stretch marks.

Terapi sinar dan laser dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan menambah ketebalan dermis.

Mikrodermabrasi tidak terlalu dapat memperbaiki tampilan stretch marks. Mikrodermabrasi dapat meningkatkan penyerapan obat oles (misal: retinoid) yang dapat memperbaikin struktur kulit stretch marks, tapi tidak mikrodermabrasi itu sendiri.

DI Ultimo Clinic, kami mempunyai beberapa alat treatment untuk menyamarkan stretch mark dan menghilangkan selulit.

Untuk kasus selulit, kami menyarankan untuk pasien melakukan konsultasi sebelumnya sebelum dilakukan tindakan kombinasi Xwave dan Exilis. Exilis adalah alat non-invasif perangkat radio frekuensi yang mengencangkan kulit kendur dan mengurangi lemak yang tidak diinginkan dan juga merangsang pertumbuhan kolagen sehingga efek dari setiap perawatannya mengencangkan area yang dilakukan perawatan.

Sedangkan perawatan Xwave adalah perawatan non-invasif yang menggunakan energi gelombang akustik, memberikan hasil yang sangat baik untuk permasalahan selulit, bekas luka dan stretch mark.

Untuk kasus stretchmark yang parah ada beberapa opsi tindakan yang disarankan seperti Legato dan Laser Pico.

Untuk treatment Laser Picosure atau yang sering disebut Laser Pico dapat dilihat di artikel kami sebelumnya.

Baca juga: Laser Picosure - Roll Royce-nya Perawatan Laser

Perawatan Legato adalah satu alat yang mengkombinasikan fractional ablation untuk mengatasi permasalahan kulit dengan kondisi luka yang cukup dalam. Seperti bekas jerawat yang dalam, dan juga stretchmark yang kondisinya cukup parah.

Apakah anda mempunyai Stretch Mark atau Selulit?

Yuk segera konsultasikan dengan dokter kami.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *